Thursday, April 4, 2013

Apa Itu EVDO ?

Koneksi Internet EVDO
Pada postingan sebelumnya mengenai Trik mempercepat koneksi internet Smartfren, disebutkan mengenai layanan EVDO, lalu apakah evdo itu sendiri? apakah evdo lebih cepat dari jaringan 3G?

Evdo singkatan dari Evolution Data Optimized, yang merupakan teknologi standart transmisi dari nirkabel generasi ketiga.  Apabila anda sering mendengar istilah 3G maka Evdo termasuk dalam 3G, hanya 3G untuk jaringan GSM sedangkan EVDO untuk jaringan CDMA.

EVDO juga diklasifikasikan lagi menjadi beberapa jenis, hal itu berkaitan dengan standar revisi. Oleh sebab itu, kita kerap kali mendengar istilah EVDO rev A atau EVDO rev B. Standar revisi dinamakan secara alfabet, mulai dari EVDO re O, kemudian EVDO rev A, lalu EVDO rev B. Semakin tinggi revisi, maka semakin tinggi pula kecepatan yang ditawarkan.

Untuk standar kecepatan EVDO rev O kecepatan maksimal bisa mencapai 2.4 Mbps, untuk EVDO rev A kecepatannya mencapai 3.1 Mbps, sedangkan kecepatan EVDO rev B, hingga saati ini masih proses pengembangan, belum diketahui dengan pasti berapa maksimal kecepatannya.

Di indonesia sendiri, ada salah satu provider yang mengeluarkan modem dengan layanan EVDO rev B, yaitu smartfren. Awalnya modem yang diluncurkan mengunakan EVDO rev B fase 1 dengan kecepata hingga 9.1 Mbps, dan sekarang telah menggunakan teknologi EVDO rev B fase 2 dengan kecepatan 14.7 Mbps.

Tetapi ada yang perlu diinga, setinggi apapun tekhnologi yang dimiliki oleh sebuah modem, hal tersebut hanya akan sia - sia apabila lokasi anda tidak terecover oleh jaringan tersebut. Misalnya saja anda menggunakan modem EVDO rev B, tetapi wilayah anda tidak berada di jakarta atau bali, maka anda tidak akan mendapatkan kecepatan EVDO rev B, tetapi sesuai layana tertinggi di lokasi anda. Jadi perhatikan hal ini sebelum membeli modem.

Salam semangat!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.