Wednesday, November 23, 2016

Daftar Virtual Machine untuk install Linux

Apa itu virtual machine, virtual machine merupakan sebuah software komputer yang digunakan untuk mejalankan sebuah program atau system operasi yang sama denga komputer aslinya.

Dengan demikian menggunakan virtual machine kita dapat membuat komputer virtual pada komputer milik kita, bagi yang sedang belajar sistem operasi Linux, anda dapat mencobanya terlebih dahulu pada virtual machine ini, sebelum anda menginstall nya ke komputer anda.

Disarankan bagi semua yang belum mengenal linux, menginstall OS yang hendak anda pelajari terlebih dahulu ke virtual machine, karena :

1. Ketika pertama kali menginstall linux, kita akan membutuhkan koneksi internet jadi bagi yang tidak memiliki jaringan wifi atau lan, akan sedikit ribet dalam menginstall modem nya.

2. Apabila kita menginstall pada virtual machine, kita tidak perlu khawatir salah langkah dalam proses install, karena kalau salah langkah windows kita bisa terhapus.

3. Ketika kita membuat Dual OS, drive windows akan dikenali sebagai drive biasa di linux, sehingga apabila kita salah menghapus file di system C malalui linux, windows kita bisa corrupt.

Berikut daftar Virtual Machine yang bisa menjadi pertimbangan anda :

Virtual Box (Linux, Windows, Mac)

Adalah virtual machine gratisan yang sangat berkualitas, hadir dengan segala kemudahan dan kebebasan, banyak fitru yang ditawarkan seperti multiple support cross platform, mudah dalam sharing file, dll.

VM Ware (Windows, Linux)

VM Ware memiliki dua versi, yang berbayar dan gratis. Apabila anda hanya ingin sekedar mencoba menginstall OS anda dapat menginstall versi gratisnya, tapi jika anda membutuhkan fitur - fitur lainnya seperti easy virtual machine creation, hardware optimization, driver-less guest OS printing—and adds in the ability to clone machines, take multiple snapshots of the guest OS anda harus menggunakan VM Ware Workstation.

Windows Virtual PC (windows)

Windows menyediakan virtual PC yang terbatas untuk versi windows. Virtual Machine ini disediakan untuk menjalankan versi windows yang sebelumnya. Jika anda sering menemukan program yang tidak jalan pada versi windows terbaru anda dapat menggukan tool ini.

Qemu (Linux)

Bagi pengguna linux ada Qemu, sebuah virtual machine yang khusus untuk sistem operasi Linux, QEMU dibangun menggunakan KVM system (Kernel-based Virtual Machine).

Parallell (Windows, Mac, Linux) 

Parallell secara khusus digunakan untuk menjalankan OS lain di atas Mac tetapi bisa juga untuk OS lainnya. Parrallell juga memberikan versi gratis dan Parallell juga memudahkan anda dalam sharing files, clipboard, transparent printer, dan peripheral support.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.