Tuesday, July 9, 2013

Dual OS Windows dan Linux menggunakan EasyBCD

Sudah menjadi hal umum untuk menginstall lebih dari satu OS di PC atau notebook, apalagi bagi pengguna yang sedang mulai mencoba Linux, sebenarnya mencoba linux bisa menggunakan virtualbox atau VMware di Windows tetapi tentu saja hasilnya berbeda apabila kita menginstall langsung di PC.

Sebenarnya kita tidak akan masalah apabila kita menginstall windows terlebih dahulu kemudian linux, secara otomatis grub yang ada di Linux akan mendeteksi sistem operasi lain selain linux seperti windows tetapi apabila kita sudah menginstall linux terlebih dahulu kemudian kita ingin menginstall windows, akan ada sedikit masalah yang muncul, yaitu OS linux kita tidak akan terdeteksi ketika kita booting windows. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan 2 cara yaitu install ulang Grub atau install ulang EasyBCD. Easy BCD adalah aplikasi semacam grub, akan tetapi untuk menginstall easyBCD kita tidak perlu membuka terminal seperti di  Linux, cukup lakukan instalasi aplikasi seperti biasa.

Berikut cara mendeteksi Linux yang sudah tertimpa oleh windows :

1. Download EasyBCD ukuran filenya sekitar 1,5Mb

2. Install EasyBCD

3. Boot melalui safe mode

4. Add new entry

5. Pilih tab Linux

6. Pilih Grub 2

7. Pilih drive tempat linux diinstall

8. masuk tab advanced

9. Pilih boot

10. masuk ke menu edit untuk mengecek kembali

11. Save dan reboot,

Setelah reboot kita akan melihat pilihan apakah kita akan masuk ke Windows atau ke Linux, tampilannya mirip dengan ketika kita hendak memilih booting menggunakan safe mode. Terimakasih telah membaca artike mengani dual booting windows dan Linux menggunakan EasyBCD.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.